Saturday 2 May 2015

Perkumpulan Orang-Orang yang Suka Membaca

Oleh Akhmad Fatoni

Hari ini, (Minggu, 3 Maret 2015) saya merencanakan membuat sebuah pertemuan dengan rekan-rekan Liliput (Lingkar Literasi Putih). Perencanaan itu sudah saya atur beberapa hari yang lalu. Kita memilih tempat di Perpustakaan Kabupaten Mojokerto. Yah, itu pertemuan perdana dan pada pertemuan itu kita mencakapkan apa-apa yang harus dilakukan dalam pertemuan tidak penting di akhir pekan.

Yah, saya menganggap seperti itu. Namanya juga akhir pekan. Akhir untuk meluruskan otot yang kaku dan penat karena aktivitas yang padat. Saya membayangkan pertemuan ini semacam rekreasi (cocok dengan salah satu tujuan seseorang datang ke perpus, tidak percaya silakan datang sendiri dan ngecek di komputer layanan perpustakaan). Begitulah, saya sedang rekreasi. Rekreasi dengan membicarakan apa yang perlu dikemas untuk perjalanan hidup. Ya, hidup ini kadang terlalu suram jika kita tidak membawa bekal.

Ah, tapi saya merasa ini takdir Tuhan. Bagaimana tidak, ketika kita mau membicarakan soal bincang buku. Tiba-tiba saya dikagetkan dengan tulisan AS Laksana di Ruang Putih Jawa Pos,  "Beberapa Saran tentang Bacaan yang Penting bagi Anda".  Aih, benar-benar sesuatu yang misterius.

Tak lama saya duduk dan membaca koran Jawa Pos, datang Intan (seseorang yang ikut kelas menulis saya) dan sengaja saya ajak ikut pertemuan ini. Obrolan dengan Intan mulai terjadi dan saya memintanya membaca tulisan AS Laksana. Baru beberapa menit setelah itu, rekan Liliput (Kak Asrori dan Kak Aris) datang. Ruang pun dibangun. Cerita juga dibongkar. Acara berjalan gayeng. Dan akhirnya diputuskan, pertemuan ini rutin sebulan sekali, pada tiap awal bulan. Sampai jumpa bulan depan. Dan bila mau berkunjung dan melihat aktivitas kami, tengok di www.lingkarliterasi.wordpress.com. Wah pengen bergabung. Bagaimana caranya? Gampang datang saja ke Perpustakaan Kabupaten tiap awal bulan. Kalau mau memantau bisa masuk ke akun Liliput di facebook. Sampai jumpa bulan depan. ***

0 comments:

Post a Comment